Yuk, Simak Cara Mengetahui Skor Kredit agar Tidak Ditolak

Bingung mengapa permohonan kredit Anda sering ditolak oleh kreditur? Padahal, rasanya Anda tidak pernah bermasalah dengan pihak yang bersangkutan. Nah, bisa jadi hal itu disebabkan adanya skor kredit. Skor yang ditentukan oleh Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang dinaungi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tersebut merupakan indikator kelayakan seseorang untuk mendapat pinjaman kredit dilihat dari riwayat kredit serta keuangannya. Berikut cara mengetahui skor kredit yang bisa Anda pelajari.

1. Mencari Tahu Gerai SLIK

Hal pertama yang harus Anda lakukan  adalah mencari tahu gerai info SLIK terdekat yang sudah terdata di Otoritas Jasa Keuangan. Informasi lokasinya bisa diakses secara online lewat situs resmi OJK atau bisa juga dengan menghubungi call center OJK di nomor 057 atau menghubungi nomor 1-500-655.

2. Verifikasi Berkas

Setelah menentukan gerai yang akan Anda kunjungi, selanjutnya Anda harus melakukan verifikasi berkas pribadi untuk meminta skor kredit atau informasi debitur. Syarat untuk permohonan informasi debitur perseorangan ialah Anda cukup membawa identitas diri berupa KTP untuk Warga Negara Indonesia (WNI) atau paspor untuk Warga Negara Asing (WNA). Sertakan pula fotokopi berkasnya untuk diserahkan pada petugas di gerai OJK.

Lalu, jika Anda ingin memperoleh informasi debitur badan usaha, Anda hanya tinggal membawa berkas tambahan seperti Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), akta pendirian perusahaan, dan perubahan anggaran dasar terakhir beserta dengan fotokopinya. Setelah itu, serahkan saja pada petugas dan tunggu proses penyocokan data hingga usai.

3. Penggolongan Kolektabilitas

Setelah data selesai diverifikasi, petugas akan mencetak hasil informasi debitur, termasuk informasi seputar skor rkedit. Dalam SLIK, skor kredit digolongkan ke dalam 5 golongan, mulai dari kolektabilitas 1 hingga kolektabilitas 5. Anda patut bernapas lega jika skor Anda berada dalam golongan 1. Karena, artinya Anda terbebas dari masalah kredit yang merusak reputasi di mata kreditur. Biasanya, ketinggian skor kredit dipengaruhi oleh ketepatan waktu Anda dalam membayar angsuran kredit. Namun, ada juga faktor lain yang harus diperhatikan.

Kemudian, jika Anda berada dalam golongan kolektabilitas 2, sebaiknya Anda segera menyelesaikan urusan kredit dengan pihak yang terkait. Hal ini dilakukan agar skor kredit Anda tidak jatuh ke golongan berikutnya, yaitu kolektabilitas 3, kolektabilitas 4, dan kolektabilitas 5. Karena, jika Anda sudah berada dalam tiga golongan terbawah itu, kecil kemungkinan kredit Anda dapat dikabulkan oleh kreditur karena memiliki rekam jejak yang kurang baik. Salah satu penyebabnya adalah keterlambatan pembayaran angsuran.

Oleh karena itu, Anda harus paham betul informasi seputar skor kredit agar kualitas skor kredit Anda bisa terus terkontrol. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan yang menyebabkan skor kredit turun karena kecerobohan atau kekurangan wawasan.

Coba kunjungi lama situs https://www.cekaja.com/info/skor-kredit/ karena di sana Anda bisa mendapatkan informasi lengkap seputar skor kredit, mulai dari informasi umum sampai cara-cara untuk meningkatkan skor kredit Anda. 

Related posts

Leave a Comment